Josep ‘Pep’ Guardiola, manajer Manchester City, telah dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik FIFA 2023 dalam upacara penghargaan The Best FIFA Football Awards yang digelar di London. Penghargaan ini diberikan oleh dua pembawa acara ternama, legenda Arsenal Thierry Henry dan Reshmin Chowdhury, sebagai pengakuan atas pencapaian luar biasa Guardiola bersama Manchester City.

Musim 2022/2023 menjadi momen gemilang bagi Guardiola, di mana ia berhasil mewujudkan impian Manchester City untuk meraih treble winners. Timnya sukses memenangkan Liga Champions, Premier League, dan FA Cup, sebuah prestasi yang memperkuat status Guardiola sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola.

Dominasi Manchester City di Bawah Asuhan Guardiola

Tidak hanya sukses dalam meraih gelar, tetapi Manchester City juga tampil dominan di semua kompetisi yang diikuti. Mereka berhasil mencetak total 151 gol di semua kompetisi, dengan rata-rata 2,5 gol per laga. Dominasi ini juga terlihat dari penguasaan bola mereka yang mencapai rata-rata 63,6% per laga, menunjukkan kualitas teknis dan kesadaran taktis yang luar biasa dari tim asuhan Guardiola.

Prestasi Guardiola semakin lengkap dengan kemenangan Manchester City di ajang Piala Dunia Antarklub 2023, di mana mereka berhasil mengalahkan Fluminense di final. Kesuksesan ini membuktikan kemampuan Guardiola dalam menghadirkan sepak bola yang tidak hanya menawan tetapi juga efektif.

Pujian dari Para Pemain dan Pelatih

Keberhasilan Guardiola diakui tidak hanya melalui penghargaan, tetapi juga melalui pujian dari berbagai pihak. Rodri, gelandang Manchester City, menyatakan bahwa Guardiola adalah pelatih paling berpengaruh dalam kariernya. Ia telah membawanya mencapai level yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Sementara itu, Simone Inzaghi, pelatih Inter Milan, mengakui bahwa Manchester City adalah tim terkuat di dunia,

dan Guardiola adalah pelatih terbaik di dunia yang telah menandai suatu era dalam sepak bola. Begitu juga dengan Erling Haaland, striker City, yang mengatakan bahwa bekerja di bawah asuhan Guardiola adalah kesempatan emas. Menilai bahwa ia merupakan pelatih terbaik dan orang sepak bola paling cerdas yang pernah ia temui.

Pujian ini mencerminkan betapa besar pengaruh Guardiola dalam dunia sepak bola. Tidak hanya di Manchester City tetapi juga di tingkat global. Kemampuannya dalam meramu strategi dan memaksimalkan potensi pemain telah mengubah cara pandang banyak orang terhadap sepak bola.

Baca juga: “Erik Ten Hag di Bawah Tekanan: Manchester United Menghadapi Masa Sulit

Pengakuan FIFA dan Penghormatan kepada Barcelona

Penghargaan yang diberikan oleh FIFA ini merupakan bukti dari pencapaian luar biasa Guardiola dalam satu tahun terakhir. Guardiola berhasil mendominasi voting dengan 28 poin, mengungguli dua pelatih Italia lainnya, Luciano Spalletti dan Simone Inzaghi. Sistem pemilihan yang melibatkan pelatih tim nasional, kapten tim, jurnalis sepak bola, dan penggemar dari seluruh dunia, menegaskan bahwa Guardiola adalah pilihan terbaik.

Dalam pidato penerimaan penghargaannya, Guardiola juga memberikan penghormatan khusus kepada Barcelona, klub yang sangat berarti dalam kariernya. “Barcelona adalah klub hati saya,” kata Guardiola, menegaskan bahwa Barcelona adalah alasan ia berdiri di sana sebagai pelatih terbaik. Pengakuan ini menunjukkan pentingnya Barcelona dalam membentuk Guardiola sebagai pelatih yang sekarang kita kenal.

Previous articleErik Ten Hag di Bawah Tekanan: Manchester United Menghadapi Masa Sulit
Next articleAlasan Rio Ferdinand Dukung MU Datangkan Karim Benzema

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here