Juventus, salah satu tim sepak bola besar di Liga Italia, Serie A, sedang mempertimbangkan untuk mendatangkan Alessandro Buongiorno, seorang bek berbakat dari Torino, tim rivalnya, pada bursa transfer tahun 2024. Menurut laporan yang dibuat oleh Repubblica Torino, Juventus sangat tertarik untuk mendapatkan jasa bek yang pernah bermain bersama Gleison Bremer tersebut di bursa transfer Januari 2024.

Pemain berusia 24 tahun ini dipandang sebagai calon pengganti yang ideal untuk Alex Sandro, yang diperkirakan akan segera meninggalkan Juventus. Buongiorno telah menarik perhatian banyak orang karena performa apiknya, baik ketika bermain sebagai bek tengah maupun sebagai fullback kiri di Torino. Pada musim 2023/24, ia telah bermain sebanyak 9 kali di Liga Italia, dengan mencetak dua gol untuk Torino, atau yang dikenal juga sebagai Il Toro.

Juventus, yang ingin memperkuat lini pertahanannya, tampaknya sangat tertarik untuk membawa Buongiorno dari rival sekotanya tersebut. Buongiorno, yang lahir di Turin pada 6 Juni 1999, telah lama bersama Torino, mulai dari bermain di level akademi hingga menandatangani kontrak profesional pada tahun 2018. Meski debutnya di tahun yang sama sempat terhambat karena cedera, ia kemudian dipinjamkan ke Carpi di Serie B dan Trapani, sebelum akhirnya kembali ke Torino pada musim 2020/21. Sejak itu, ia telah tampil sebanyak 89 kali dengan mencetak 3 gol dan 4 assist.

Baca juga : Gosip Tidak Menyenangkan Menerpa Man United

Kualitas Alessandro Buongiorno

Alessandro Buongiorno dikenal sebagai bek tengah yang solid dan agresif, sesuai dengan ciri khas bek Italia pada era sepak bola modern. Statistiknya menunjukkan rata-rata 0,11 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dari total 0,63 tembakan per 90 menit, dan 0,07 assist per 90 menit, sebuah angka yang cukup tinggi untuk seorang bek tengah.

Berbeda dengan bek tengah modern yang andal dalam distribusi bola, Buongiorno lebih fokus pada aspek pertahanan. Ia memiliki rata-rata operan sebanyak 52,4 kali per 90 menit dengan akurasi 85,4%, kebanyakan operannya adalah operan ke samping atau ke belakang. Ia juga mencatatkan rata-rata 1,76 tekel dan 1,93 intersep per 90 menit, 1,12 blok, serta rata-rata 3,8 sapuan per 90 menit. Kemampuannya dalam duel udara juga patut diperhitungkan, dengan rata-rata 3,09 kali memenangkan duel udara per 90 menit.

Melihat kualitas dan catatannya tersebut, tidak heran jika Luciano Spalletti, pelatih Timnas Italia, memanggilnya untuk bergabung dengan skuad nasional dan diharapkan menjadi salah satu andalan di Euro 2024. Juventus, jika ingin mendapatkannya, perlu menyiapkan penawaran yang besar untuk Torino dan meyakinkan Buongiorno untuk meninggalkan tim yang telah dibelanya sejak kecil.

Previous articleGosip Tidak Menyenangkan Menerpa Man United
Next article5 Pemain Liverpool yang Sukses Menghentikan Laju Kemenangan Man City di Etihad Stadium

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here